Rabu, 18 April 2012

laporan kegiatan


LAPORAN PROPOSAL
MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK
ANAK-ANAK BERUMUR 3-7 TAHUN





                                                                                      
Disusun Oleh  :
                       
                                    Nama  Siswa             :  Afriyanti
                                    Kelas                          :  X MM 1
                                    Kompetensi Jurusan            :  Multimedia
                                    Mapel                         :  Proposal usaha


SMK NEGERI 1 SALE
TAHUN PELAJARAN 2011/2012





KATA PENGANTAR

            Atas berkat Allah SWT,akhirnya media pembelajaran ini terselesaikan dengan lancar dan tanpa halangan apapun.
            Dalam awal semester  genap ini kami telah melaksanakan berbagai hal, termaksud membuat media pembeljaran untuk anak-anak.Setelah kami mendapat tugas untuk menyampaikan gagasan kami dalam bentuk laporan, tentunya kami dalam melakukan hal tersebut kami telah diberi berbagai macam hal, untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada bapk ibu guru yang telah membantu memberikan bimbingan bantuan materi dan lain-lain yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu. Semoga para pembaca dapat memperoleh tambahan pengetahuan serta wawasan yang luas setelah membaca laporan yang sederhana ini.
            Karena terbatasnya kemampuan saya, laporan yang saya susun ini jauh dari sempurna. Untuk itu segala kritik dan saran dara para pembaca akan saya sambut deng senang hati dan akhirnya, kami mengucapkan baya terimakasih apa bila terdapat satu hal yang tidak berkenang dihati anda, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
           















PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
            Dalam rangka membuat media pembelajaran untuk anak-anak, saya ingin memberikan sesuatu yang dapat membantu media pembelajaran untuk memotifasi supaya anak-anak lebih giat belajar dan bertambah baik dalam pembelajaran.
            Untuk dapat tetap menjaga kualitas pendidikan kejujuran, hendaknya semua pihak dapat terlibat dalam pengembanga-pengembangan khususnya kesesuaian pendidikan dan pembelajaran.
            Dalam pembelajaran anak-anak ini dalam media inimerupakan bagian yang tak terpisahkan dalam dunia pembelajaran. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi kontak antara anak-anak dan orang tua maupun orang lain.dengan adanya kontak tersebut terjadi tukar menukar informasi maupun singgungan tentang kualitas pada media pembelajaran tersebut.selain itu juga dapat terjadi proses pengukuran seberapa besar kemampuan anak-anak tersebut.

TUJUAN
1.      Mengembangankan potensi anak-anak sehingga menghasilkan anak-anak yang sesuai dengan potensi  yang sesuai dengan masa depan
2.      Mendorong anak-anak dalam peningkatan kualitas pembelajaran progam pendidikan dan pelatihan, khususnya kejujuran, sehingga kemampuan anak-anak sesuai dengan potensi masing-masing.
3.      Mendapatkan media pembelajaran yang baik.
4.      Memberikan dorongan dan kesempatan bagi anak-anak untuk berkopetensi secara positif dan inovatif, baik dalam pembelajan diluar maupun diluar, sehingga dapat menumbuh rasa keingintahuan yang tinggi pada anak-anak.

MANFAAT
1.      Melatih anak untuk lebih memahami tentang media pembelajaran.
2.      Melatih anak untuk lebih kreatif, inovatif, dan produktif.
3.      Membuat anak lebih aktif dalam media pembelajaran.


VISI DAN MISI
            VISI   
Menjadikan anak indonesia lebih kreatif dan membawa nama baik indonesia.
MISI
1.      Menjadikan anak-anak yang berbakat.
2.      Menciptakan anak-anak yang dapat berperan aktif dalam kemjuan negara.
3.      Menciptakan anak-anak yang mampu untuk berkreasi.
4.      Menciptakan anak-anak untuk bisa membiasakan diri dengan lingkungan sekitar.





ALAT DAN BAHAN
           
            ALAT
1.      Gunting
2.      Straples

BAHAN
1.      Kertas manila.
2.      Kardus.
3.      Kertas buffalo
4.      Lem


FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG

            FAKTOR PENGHAMBAT
                        # Terbatasnya waktu yang saya miliki.
                          

FAKTOR PENDUKUNG
                        # Tidak susah untuk mencari bahan.
                        # Mudah untuk dibuat.
                        # Tidak perlu waktu lama untuk membuat.
                        # Bahan baku yang mudah didapat.



CARA MEMBUAT
1.      Gambarlah sebuah huruf kemudian gunting satu persatu obyek tersebut.
2.      Gambarlah sebuah huruf diatas kertas manila. Kemudian tempalkan dengan pasangannya menggunakan lem kertas.
3.      Setelah itu, pasangan huruf tersebut letakkan secara urut didalam kertas manila, dan gambar lagi bentuk huruf tersebut disampingnya menggunakan garis putus-putus.
4.      Tambahkan hiasan disampul depan agar terlihat lebih indah dan menarik.





KESIMPULAN

            Dengan adanya media pembelajaran seperti ini anak-anak akan lebih semangat dan lebih bermotivasi untuk belajar. Menciptaka suasana yang baru untuk minat belajar anak-anak masa sekarang. Karena anak-anak dimasa sekarang sangat sulit untuk belajar dengan giat sehingga dapat memotivasi mereka untuk belajar lebih giat lagi. Dengan adanya media pembelajaran seperti ini anak-anak akan lebih termotifasi untuk belajar mengenal apapun yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.                                                                                                                 

                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar